Senandung Jiwa

04/01/2011

Tips Praktis Berbakti Pada Orang Tua

Filed under: Ibadah,Keluarga — by oo @ 12:18 AM

Keep kontak dengan Ibumu.. Telepon beliau minimal 2 kali dalam sepekan ..“, nasihat Dosen ramah berjanggut lebat itu di hadapan para mahasiswanya saat mengajar kelas.

Hampir setiap pertemuan beliau menasihatkan itu. Saat mengajar, bila hapenya berdering dan diketahui yang menelpon atau meng-sms adalah Ibunya, sesegera mungkin beliau keluar mengangkat hapenya, menelpon balik atau membalas sms ibunya terlebih dahulu.

Sebuah inspirasi yang sejak ribuan tahun lalu telah diperintahkan oleh Alloh dan Rasul-Nya. Dan layaknya seorang anak terhadap orangtuanya senantiasa berlaku baik. Meski berada dalam kejauhan, meski pulang ke rumah hanya sekali setahun, atau bahkan juga ada sahabat sudah 4 tahun di Bandung belum sama sekali pulang ke rumah, agar senantiasa berlaku baik pada Ibu dan Bapak.

Ridho Alloh terletak pada ridho kedua orang tua. Alloh memerintahkan agar taat pada ibu, kata-katanya diulang tiga kali baru kemudian pada Bapak. Alloh pun langsung mengajarkan agar kita mendo’akan kebaikan atas Ibu dan bapak kita. Dan setiap anak yang berbakti pasti senantiasa melantunkan do’a buat mereka berdua.

Bagi yang diberikan nikmat masih memiliki orang tua, bersyukurlah dan banyak-banyaklah berbakti pada mereka, dengan membahagiakan mereka, menjadi pribadi sholeh dan sholehah serta menebar manfaat pada sebanyak-banyaknya makhluk. Juga tong hilap, senantiasa keep contact dan jaga hubungan baik, kapanpun dan dimanapun. Lebih-lebih ketika usia mereka sudah lanjut, jangan sampai kekesalan terhadap beliau menyebabkan kita mengucapkan kata-kata kasar. Bahkan mengucapkan “ah’ saja sangat dibenci Alloh.

Ketika seseorang berusia lanjut, ia akan seolah kembali lagi ke fasa awal kehidupannya seperti bayi lagi. Bagi seorang anak yang benar-benar memerhatikan kedua orang tuanya meskipun sudah dalam kondisi yang demikian, hal ini amat dicintai oleh Alloh dan ini adalah gerbang bakti pada orang tua yang banyak ditelantarkan oleh kebanyakan orang di zaman ini.

Bagi yang diberikan Alloh ujian orang tuanya telah tiada, kesempatan bakti pada orang tua masih terbuka lebar. Mendo’akannya dan menjalin hubungan baik dengan kerabat dan teman baik orang tuanya adalah anjuran dari Islam melalui lisan Nabi Saw.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment